Jumat, 01 April 2016

Cara Mengatasi Oppo N3 Bootloop atau Error

Cara Mengatasi Oppo N3 Bootloop, Hang atau Error.
Bootloop Oppo N3

Oppo N3 merupakan salah satu ponsel cerdas 4G LTE premium yang dikeluarkan oleh vendor Oppo. Selain memiliki kamera yang super ciamik, ponsel ini juga memiliki layar 5,5 inci dengan resolusi full HD yang akan memanjakan mata penggunanya. Berbekal prosessor 4 core dan dukungan 2Gb RAM menjadikan ponsel ini layak untuk dimiliki.
Meski dilengkapi dengan hardware yang cukup tangguh tidak menutup kemungkinan terjadinya masalah pada ponsel ini. Hal ini biasanya disebabkan karena kesalahan dalam pemakaian. Sehingga ponsel bisa mengalami hang atau bootloop. Disini Tb akan memberikan sedikit tips untuk mengatasi smartphone Oppo N3 yang mengalami masalah error, hang atau bootloop.
Berikut cara untuk mengatasi ponsel Oppo N3 yang bootloop :

Hard Reset Oppo N3
Hard reset atau Factory reset biasanya dilakukan ketika kita lupa akan sandi pola lock screen. Namun sebenarnya hard reset juga bisa dipakai untuk mengatasi perangkat yang mengalami hang atau error jika kerusakan software masih masuk kategori ringan. Semua data dan pengaturan yang teraimpan akan otomatis hilang setelah selesai melakukan hard reset. Jadi biasakanlah untuk melakukan backup data. Cara untuk melakukan hard reset atau factory reset pada Oppo N3 adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan daya baterai cukup untuk melakukan hard reset.
  2. Dalam kondisi perangkat mati (off), Tekan dan Tahan secara bersamaan tombol Volume Down (turun)dan Power (on/off).
  3. Tahan sampai muncul tulisan Recovery Mode di pojok kiri bawah lalu lepaskan semua tombol.
  4. Mode Recovery pada Oppo N3 sudah mendukung touch scteen. Pada menu bahasa, pilih bahasa inggris (boleh bahasa lain jika brosis mengerti).
  5. Masuk Oppo Recovery pilih wipe data and cache. Kemudian pilih Yes jika diminta konfirmasi.
  6. Selesai proses wipe data and cache, brosis akan dibawa kembali ke Oppo Recovery. Setelah itu pilih reboot dan tunggu perangkat menyala.
Melakukan Flashing Pada Oppo N3.
Jika masalah error, hang atau bootloop pada Oppo N3 belum teratasi denga cara Hard reset, coba lakukan flashing ROM pada perangkat. Cara melakukan flashing pada perangkat Oppo N3 adalah sebagai berikut :
  1. Download atau unduh dulu Firmware atau Stock ROM Oppo N3 nya disini.
  2. Simpan Firmware atau Stock ROM yang brosis download tadi dalam kartu SD. Simpan diluar folder, lalu pasangkan pada perangkat Oppo N3 brosis.
  3. Ulangi langkah hard reset diatas cuma sampai proses wipe data and cache.
  4. Setelah selesai proses wipe datanya, dilanjutkan dengan pilih Instal from SD.
  5. Pilih lagi From SD lalu cari dan pilih Firmware atau Stock ROM yang sudah brosis simpan tadi.
  6. Tunggu sampai proses instalasi selesai, maka Oppo N3 brosis akan melakukan rebot dengan sendirinya.
Begitulah kira-kira cara untuk mengatasi hang, error atau bootloop yang terjadi pada Oppo N3. Jika setelah di flash perangkat belum bisa kembali normal, besar kemungkinan kerusakan bukan karena software. Bawa ke service center untuk memperbaiki kerusakan hardware yang terjadi.
Sekian dulu tips dari Tb kali ini. Salah kurangnya Tb mohon maaf. Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat.. Salam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Cari Blog Ini